PKT: wujudkan Harapan Bersama dalam Era Baru PT Timah Tbk ,Dalam Lingkungan hidup (Opini)

PKT: wujudkan Harapan Bersama dalam Era Baru PT Timah Tbk ,Dalam Lingkungan hidup (Opini)


Serikat pekerja adalah tiang kuat dalam menjembatani komunikasi antara pekerja dan perusahaan. Dalam konteks PT Timah Tbk, Persatuan Karyawan Timah (PKT) adalah salah satunya wadah resmi yang memungkinkan pekerja untuk menyuarakan keluhan, aspirasi, dan permasalahan terkait pekerjaan mereka. PKT telah membuktikan komitmennya dengan menjadi solusi atas berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadapi oleh PT Timah Tbk dan karyawan di masa depan.

PKT adalah sebuah serikat pekerja yang terdaftar secara resmi berdasarkan bukti pencatatan nomor 05 DPMPTPSP&NAKER/PKT/VIII/2021 tanggal 30 agustus 2021, mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh Dinas Penanaman Modal Pelayan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja kota Pangkalpinang. Sebagai wadah yang sah, PKT tidak hanya mencari profesionalisme dari anggotanya, tetapi juga semangat militan, kecerdasan intelektual, dan loyalitas tinggi terhadap perusahaan.

Dalam pandangan PKT, menjadi anggota serikat pekerja adalah menjadi garda terdepan untuk mewujudkan rencana kerja perusahaan. Melalui kolaborasi dan kerja keras, PKT bertekad untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan karyawan lainnya. Ini adalah visi bersama yang dikejar, di mana kesejahteraan perusahaan dan karyawan tidak dapat dipisahkan.

Dalam perkembangan terbaru, PKT merasa bangga dan optimis dengan pergantian direksi PT Timah Tbk pada tanggal 15 Juni 2023. Susunan direksi baru, yang dipimpin oleh Ahmad Dani Virsa sebagai Direktur Utama, dengan Direktur Operasi dan Produksi : Nur Adi Kuncoro, Direktur Keuangan : Fina Eliani, Direktur SDM: Tigor Pangaribuan, dan Direktur Pengembangan Usaha: Koko Wigyantoro.

PKT berharap bahwa kepemimpinan putra daerah ini akan membawa dampak positif pada perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh Negara. Meskipun PKT telah mengenal beberapa jajaran direksi seperti direktur keuangan dan direktur operasi, mereka ingin memantau dan mengevaluasi kinerja direktur SDM dan direktur Pengembangan Usaha yang sebelumnya belum berpengalaman di PT Timah. Harapan mereka adalah bahwa seluruh jajaran direksi, tanpa memandang asalnya, akan fokus pada upaya mensejahterakan karyawan dan meningkatkan kinerja perusahaan.

PKT meyakini bahwa era baru PT Timah Tbk harus didasarkan pada visi bersama antara manajemen, karyawan, dan serikat pekerja. Semua pihak harus berkolaborasi dalam mengatasi tantangan, mendorong pertumbuhan perusahaan, dan meningkatkan kesejahteraan bersama. Dengan semangat yang kuat dan komitmen yang tak tergoyahkan, PKT siap untuk bersama-sama mewujudkan masa depan cerah bagi PT Timah Tbk dan seluruh karyawan.

PKT sangat bangga dan berharap banyak dengan dipercayanya Putra daerah untuk memimpin perusahaan yang sahamnya di kuasai oleh Negara. Sebagai serikat dan pekerja di PT.Timah  kami sedikitnya mengenal beberapa jajaran direksi seperti direktur keuangan dan direktur operasi, dan belum melihat dan mengenal  betul kinerja direktur sdm dan direktur PU yang sebelumnya belum pernah berkiprah di PT.Timah. Kami berharap kinerja direksi yang bukan sebelumnya dari PT Timah bisa mensejahterakan karyawan dan meningkatkan kinerja perusahaan ini (PT.Timah ), bukan mempunyai misi yang tidak sesuai dengan keinginan pekerja.


(Penulis : Ahmad Tarmizi, Ketua Umum Persatuan karyawan Timah (PKT)/Mahasiswa MH UBB)

Posting Komentar

0 Komentar