Tim Monev KI Babel Lakukan Visitasi Ke Desa Simpang Tiga Beltim

Tim Monev KI Babel Lakukan Visitasi Ke Desa Simpang Tiga Beltim


Belitung Timur, Oke apak.com - Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (KI Babel) terus berkomitmen untuk meningkatkan transparansi dan akses informasi publik di wilayahnya. Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Visitasi Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Informasi di Kabupaten Belitung Timur (Beltim), tim Monev KI Babel melanjutkan perjalanan mereka ke Desa Simpang Tiga, Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Beltim.

Desa Simpang Tiga menjadi desa ketiga yang dikunjungi oleh tim KI Prov. Kep. Babel dalam rangka visitasi ini. Desa ini memiliki lokasi strategis, terletak di ujung wilayah barat Kabupaten Beltim, dan berfungsi sebagai pintu masuk menuju Kabupaten Belitung.

Sebelah timur Desa Simpang Tiga, kita akan menemui Desa Renggiang, yang juga berada dalam Kecamatan Simpang Renggiang.

Kedatangan tim Monev KI Babel disambut hangat oleh Camat Kecamatan Simpang Renggiang, Bapak Adi Yusman. Turut mendampingi tim Diskominfo Beltim Kabid Ikatan Keluarga Pemerintahan (Ikp) Kab Beltim, Soni Aprianto, beserta timnya.

Ketua KI Prov. Kep. Babel memberikan sambutan dalam kunjungannya ke Desa Simpang Tiga. Ia menyampaikan harapannya agar tugas pokok dan fungsi KI  Babel, termasuk penyelesaian sengketa informasi publik melalui mediasi dan ajudikasi non litigasi, dapat terlaksana dengan baik.

Tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menilai sejauh mana pelayanan informasi kepada Badan Publik di lingkungan Desa Simpang Tiga, serta mengoreksi kuesioner/SAQ (Self-Assessment Questionnaire) yang telah diisi oleh desa.

Visitasi ini menjadi langkah penting dalam menjaga kualitas pelayanan informasi di Desa Simpang Tiga. Tim Monev KI Babel akan mengkaji secara cermat bagaimana informasi publik disediakan dan diakses oleh Badan Publik di tingkat desa. Data dan informasi yang telah dikumpulkan akan menjadi dasar untuk perbaikan dan peningkatan pelayanan informasi di masa depan.

Desa Simpang Tiga memiliki peran strategis dalam menghubungkan wilayah Kabupaten Belitung dan Kabupaten Beltim. 

Oleh karena itu, pelayanan informasi yang efektif di desa ini akan memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi yang mereka butuhkan. Hal ini juga akan memperkuat transparansi dan akuntabilitas pemerintah daerah di wilayah ini.

Kegiatan visitasi ini bukan hanya tentang evaluasi, tetapi juga merupakan bentuk komitmen KI Babel untuk terus bekerja sama dengan Badan Publik dalam meningkatkan kualitas pelayanan informasi. 

Dengan demikian, diharapkan bahwa masyarakat dapat lebih mudah mengakses informasi yang mereka butuhkan untuk mengambil keputusan yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Kunjungan ke Desa Simpang Tiga ini adalah salah satu langkah dalam upaya menjadikan Kepulauan Bangka Belitung sebagai wilayah yang transparan dan responsif terhadap kebutuhan informasi masyarakatnya. 

KI Babel tetap berkomitmen untuk terus mengawal dan memastikan hak akses informasi publik terlaksana dengan baik, serta memberikan kontribusi positif dalam pembangunan daerah. (Sumber: KI Babel, Editor: Sinyu Pengkal)

Posting Komentar

0 Komentar