Panglima TNI Mutasi 38 Perwira Tinggi, Arif Rahman Pensiun, Deddy Suryadi Jadi Pangdam IV/Dip

Panglima TNI Mutasi 38 Perwira Tinggi, Arif Rahman Pensiun, Deddy Suryadi Jadi Pangdam IV/Dip





Oke pak.com,
Jakarta - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto kembali memberlakukan mutasi, rotasi, dan promosi sejumlah jabatan strategis di lingkungan TNI. Keputusan ini tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tanggal 21 Februari 2024, yang menandai perubahan signifikan dalam struktur kepemimpinan TNI. Mutasi dan promosi ini melibatkan 38 Perwira Tinggi TNI, dengan rincian 28 dari TNI AD, 3 dari TNI AL, dan 7 dari TNI AU.

Di antara mutasi tersebut, Letnan Jenderal TNI Arif Rahman, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), dipindahkan ke Mabes TNI AD dalam rangka pensiun. Sementara itu, Mayjen TNI Tandyo Budi Revita, yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima Daerah Militer IV/Diponegoro (Pangdam IV/Dip), kini menduduki posisi Wakasad. 

Ada pula pergeseran jabatan antara Mayjen TNI Deddy Suryadi, yang sebelumnya menjabat sebagai Danjen Kopassus dan kini menjadi Pangdam IV/Dip, serta Brigjen TNI Djon Afriandi yang naik pangkat dari Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menjadi Danjen Kopassus.

Selain itu, terdapat juga perubahan jabatan yang menandai pengabdian dan dedikasi para perwira TNI. Misalnya, Letnan Jenderal TNI Hilman Hadi yang sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad), kini pindah ke Mabes TNI AD dalam rangka pensiun. 

Sedangkan Mayjen TNI Erwin Djatniko yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima Daerah Militer III/Siliwangi (Pangdam III/Slw), kini menempati posisi Irjenad.

Adapun pergeseran jabatan di TNI AL melibatkan Laksamana Muda TNI Hery Puranto, yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Renstra Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Asrenum Panglima TNI), kini menjabat sebagai Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). 

Begitu juga dengan Laksamana Muda TNI Edwin, yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Renstra Kepala Staf Angkatan Laut (Asrena KSAL), kini menduduki posisi Asrenum Panglima TNI.

Di sisi TNI AU, terjadi perubahan yang signifikan dengan mutasi sejumlah perwira tinggi, seperti Marsda TNI Muh. Arief Damapolii yang sebelumnya menjabat sebagai Pa Sahli TK. III Bidang Hubungan Internasional (Hubint) Panglima TNI, kini menjadi Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU). 

Begitu juga dengan Marsda TNI Maman Suherman yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Khusus KSAU, kini menjabat sebagai Pa Sahli Tk. III Bidang Hubint Panglima TNI.

Mutasi dan rotasi jabatan ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam penyelenggaraan tugas pokok TNI. 

Selain itu, mutasi juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para perwira tinggi TNI untuk mengembangkan kemampuan dan pengalaman mereka di berbagai bidang tugas, sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam mendukung tugas pokok TNI.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto berharap bahwa mutasi ini dapat membawa angin segar dalam kepemimpinan TNI dan meningkatkan profesionalisme serta kinerja TNI dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI. 

Dengan demikian, TNI dapat terus beradaptasi dan bersinergi dengan dinamika tugas dan tantangan yang terus berkembang di masa yang akan datang. (Sumber : KBO Babel, Editor : Lapor Pak)

Posting Komentar

0 Komentar