JUNAIDI AULY : WUJUDKAN 4 PILAR KEBANGSAAN JIWA NASIONALISME AKAN KOKOH

JUNAIDI AULY : WUJUDKAN 4 PILAR KEBANGSAAN JIWA NASIONALISME AKAN KOKOH


LAMPUNG -Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan Anggota MPR RI Dr Ir H A Junaidi Auly MM sampaikan pentingnya memperkuat jiwa nasionalisme dalam mewujudkan 4 pilar kebangsaan.

Kegiatan ini disampaikan di Balai Tiyuh Candra Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat, dengan peserta terdiri dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda serta Unsur Pemerintah Desa, Sabtu (4/5/2024).


Junaidi Auly mengatakan, pentingnya akan pemahaman tentang empat pilar kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi masyarakat saat ini khususnya nasionalisme adalah agar masyarakat memiliki nilai-nilai wawasan kebangsaan dan patriotisme dalam dirinya

"Sehingga masyarakat tersebut memiliki rasa tanggungjawab dalam memberikan yang terbaik untuk Negaranya," katanya.

"Untuk mewujudkan hal tersebut, Masyarakat haruslah memiliki ide maupun gagasan yang kreatif dan inovatif dalam membangun Bangsa dan Negara," tuturnya.

"Empat pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, Undang-undang Dasar Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia mempunyai nilai prinsip moral untuk mencapai kehidupan bangsa Indonesia yang merdeka, berdaulat adil dan makmur," pungkasnya 


"Hal ini sebagaimana termaktub dalam tujuan Bangsa dan negara dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945," ungkap Junaidi.

Alumni Doktoral IPDN ini, melanjutkan hal ini tercermin bahwa 4 Pilar ini mempunyai tujuan dan arti penting dan berguna untuk generasi sekarang maupun yang akan datang.

Perlu disadari oleh masyarakat saat ini bahwa masyarakat hari ini dituntut untuk menghadapi segala tantangan yang ada salah satunya globalisasi yang sangat luar biasa mempengaruhi rasa nasionalisme.

"Kita lihat banyaknya pelanggaran hukum yang terjadi yang dilakukan oleh masyarakat akibat dari kurangnya mengaktualisasi nilai-nilai 4 pilar kebangsaan dalam kehidupan keluarga, masyarakat dan bangsa serta negara," kata junaidi.

Sebelum, menutup pembicaraan Putra Daerah Asli Lampung ini, menambahkan adapun upaya lain yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan rasa Nasionalisme berbangsa yaitu dengan mengadakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Hari Sumpah Pemuda

"Kemudian,  dapat juga membuat suatu karya yang bertemakan cinta tanah air, kepahlawanan dan lain sebagainya yang bersifat Nasional," tuturnya 

"Sehingga dalam proses pembuatan karya tersebut Masyarakat akan teringat kembali dengan perjuangan para Pahlawan Bangsa sebelumnya dan dengan demikian rasa Nasionalisme dalam diri mereka akan tertanam dan tumbuh di jiwa mereka," tutupnya mengakahiri.


(Raja) 

Posting Komentar

0 Komentar