Kunjungan KI Babel ke Dinas ESDM: Langkah Menuju Transparansi Informasi Publik yang Lebih Baik

Kunjungan KI Babel ke Dinas ESDM: Langkah Menuju Transparansi Informasi Publik yang Lebih Baik


Pangkalpinang, - Komisi Informasi (KI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel)  melanjutkan upaya pengawasan mereka terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi dengan mengunjungi Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) provinsi tersebut. Tim visitasi Monev, yang dipimpin oleh Martono, S.TP, anggota Komisioner Koordinator Bidang Kelembagaan, tiba di Dinas ESDM untuk mengevaluasi sejauh mana tingkat kepatuhan OPD Provinsi terhadap Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Kunjungan ini merupakan yang kelima dalam rangkaian visitasi Monev 2023 yang dilakukan oleh Tim KI Babel. Sebelumnya, mereka telah meninjau Dinas Bappeda, Dinas Kearsipan, Biro Hukum, dan Dinas UMKM Pemprov Kepulauan Bangka Belitung. Dalam sambutannya, Martono menjelaskan tujuan kunjungan tersebut. "Kami ingin melihat sejauh mana tingkat kepatuhan OPD Provinsi terhadap keterbukaan Informasi Publik (KIP), khususnya untuk Dinas ESDM," ujarnya.

Salah satu hasil visitasi Monev 2023 yang menonjol adalah niat untuk mengikutsertakan hasil evaluasi OPD dalam penganugerahan pemeringkatan Badan Publik OPD dalam hal kepatuhan terhadap Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Langkah ini diharapkan dapat mendorong OPD untuk lebih proaktif dalam memenuhi standar keterbukaan informasi.

Suci Lestari, selaku Pranata Humas Dinas ESDM, menyambut kunjungan Tim KI dengan senang hati. Dia juga berbagi beberapa kendala yang dihadapi oleh Dinas ESDM terkait penyediaan data. "Sulit sekali untuk meminta data dari setiap bidang, dan ini mengakibatkan banyak kuesioner yang belum terisi," ungkapnya. Suci Lestari juga mengharapkan adanya sosialisasi lebih lanjut dari Komisi Informasi untuk membantu OPD dalam memahami lebih baik peraturan terkait Keterbukaan Informasi Publik.

Martono, S.TP, menanggapi masukan dari Dinas ESDM dengan baik dan menegaskan komitmen Komisi Informasi untuk membantu OPD meningkatkan kualitas keterbukaan informasi. "Kami sangat senang dengan kunjungan ini, dan kami yakin bahwa dengan kerja sama yang baik, kami dapat mencapai tingkat keterbukaan informasi yang lebih baik ke depannya," ujar Martono.

Kunjungan ini menunjukkan bahwa Komisi Informasi Bangka Belitung berusaha untuk memastikan bahwa Keterbukaan Informasi Publik (KIP) menjadi prioritas dalam pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dengan kerja sama antara KI dan OPD, diharapkan akan ada peningkatan signifikan dalam aksesibilitas dan transparansi informasi publik, yang akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat dan pemerintah daerah. (Sumber : KI Babel, Editor : KBO Babel)

Posting Komentar

0 Komentar