Wakil Bupati Basel Debby Vita Dewi: Kami Berkomitmen untuk Tingkatkan Kualitas Informasi Publik

Wakil Bupati Basel Debby Vita Dewi: Kami Berkomitmen untuk Tingkatkan Kualitas Informasi Publik



Bangka Selatan,  - Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) 2023 dari Komisi Informasi (KI) Bangka Belitung (Babel), yang dipimpin oleh Ketua Ita Rosita, bersama wakil ketua komisioner Rikky Fermana dan anggota komisioner Martono serta Fahriani, melakukan kunjungan visitasi ke Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel). Sebelum melakukan visitasi monev, mereka disambut langsung oleh Wakil Bupati Debby Vita Dewi, SE, dan Kepala Dinas Diskominfo Yuri Siswanto, Sst, diruangan kerja Wakil Bupati, Selasa (24/10/2023).

Wakil Bupati Basel, Debby Vita Dewi, SE, menyambut tim Monev KI Babel dengan penuh semangat dan antusias. Ia mengingat tahun sebelumnya, Pemkab Basel baru predikat menuju informatif berkat usaha keras. 

Debby Dewi berharap tahun ini bisa memperoleh predikat "Informatif" yang diidamkan oleh Pemkab Basel. Dia juga meminta masukan serta arahan dari KI Babel untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan keterbukaan  informasi publik yang disediakan oleh pemerintah daerah dapat diakses oleh seluruh masyarakat Bangka Selatan.

“Kami mohon arahan dan bimbingan ibu Ketua KI Babel dan komisioner lain agar pada tahun ini dan selanjutnya kaulitas pelayanan dan keterbukaan kami menjadi lebih baik, dan jika ada yang harus kami beban tolong jangan sungkan sampaikan kepada kami, dan satu lagi kami titip Pemkab Bangka Selatan setidaknya menjadi Badan Pemkab predikat ‘Informatif’”ujar Debby di iringi tanda canda tawanya.

Kepala Dinas Diskominfo, Yuri Siswanto, Sst, menjelaskan upaya Pemkab Basel dalam menjawab kebutuhan masyarakat akan informasi yang cepat dan mudah diakses. Mereka telah mendirikan Basel Command Center (BCC), yang berfungsi sebagai pusat pengelolaan informasi yang responsif. BCC ini memungkinkan masyarakat untuk dengan mudah mengakses informasi atau mengajukan pertanyaan dengan cepat dan segera di eksekusi langsung (fast respon) oleh Bupati dan Wakil Bupati. 

Selain itu, untuk membuka ruang keterbukaan informasi,  setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga aktif di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok. Mereka juga menjalin kerja sama dengan media lokal untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan dapat dieksekusi dengan cepat dan efisien.

Kunjungan KI Babel ke Pemkab Basel menjadi tonggak penting dalam menjaga transparansi dan kualitas layanan informasi kepada masyarakat. Dukungan dari wakil bupati dan komitmen dari seluruh OPD dalam memanfaatkan media sosial dan kolaborasi dengan media lokal menunjukkan tekad Pemkab Basel untuk menjadi lebih informatif dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. (Sumber : KI Babel, Editor : KBO Babel).

Posting Komentar

0 Komentar