Super Air Jet Membuka Rute Baru ke Pangkalpinang, Pulau Bangka

Super Air Jet Membuka Rute Baru ke Pangkalpinang, Pulau Bangka


Bangka Belitung - Maskapai penerbangan Super Air Jet mengumumkan rencana perluasan layanannya dengan membuka rute penerbangan menuju Pangkalpinang, Pulau Bangka, yang dijadwalkan diluncurkan pada tanggal 8 November 2023. Dengan kapasitas hingga 180 kursi kelas ekonomi, maskapai ini berharap dapat memenuhi permintaan tinggi dari para pelancong muda dan memberikan alternatif penerbangan baru bagi masyarakat Bangka Belitung.

Dukungan dari Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga (Disparbudkepora) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengakui pentingnya rencana pembukaan rute baru ini dalam meningkatkan sektor pariwisata di Pulau Bangka. Wydia Kemala Sari, Kepala Disparbudkepora Bangka Belitung, berharap bahwa kehadiran Super Air Jet dapat membantu menekan harga tiket pesawat, sehingga memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, melalui Penjabat Gubernur Suganda Pandapotan Pasaribu, telah berkomunikasi dengan berbagai maskapai penerbangan lainnya untuk membuka kembali rute penerbangan ke Bangka Belitung seperti sebelum pandemi. Dalam upayanya, Pemerintah Provinsi juga sedang menggagas wacana subsidi tiket pesawat guna menekan inflasi di Bangka Belitung.

Meskipun wacana ini mendapat tanggapan positif, terdapat pula pandangan yang menyoroti potensi kesalahan sasaran dalam pemberian subsidi tiket pesawat. Wakil Ketua DPRD Bangka Belitung, Beliadi, menekankan perlunya fokus pada harga bahan pokok sebagai langkah efektif untuk menekan inflasi. Menurutnya, subsidi tiket pesawat seharusnya ditujukan kepada kelompok masyarakat yang membutuhkan, seperti orang miskin dan mahasiswa, untuk memastikan manfaatnya bagi masyarakat luas.

Ia juga menyoroti pentingnya data yang akurat dalam menentukan penerima subsidi agar tidak terjadi penyalahgunaan oleh pihak yang tidak tepat sasaran. Disamping itu, Beliadi mengimbau kepada Pemerintah Provinsi Bangka Belitung untuk melaksanakan operasi pasar dan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk swasta, guna menekan inflasi dengan lebih efektif.

Dengan pembukaan rute penerbangan baru dan adanya wacana subsidi tiket pesawat, diharapkan Pulau Bangka dapat semakin dikenal sebagai destinasi yang menarik bagi para pelancong. Diharapkan juga bahwa langkah-langkah ini akan memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi dan sektor pariwisata di wilayah tersebut, sekaligus membantu menstabilkan tingkat inflasi yang signifikan. Menyadari pentingnya berbagai upaya sinergis dalam mengatasi permasalahan transportasi udara dan inflasi, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung diharapkan terus bergerak aktif dalam mengembangkan kebijakan yang berdampak positif bagi masyarakat dan pertumbuhan ekonomi lokal. (Penulis : Zulfikar, Editor : Dwi Frasetio)

Posting Komentar

0 Komentar