Kabupaten Belitung Timur Bersinar, Unggul dalam Keterbukaan Informasi dan Pendidikan

Kabupaten Belitung Timur Bersinar, Unggul dalam Keterbukaan Informasi dan Pendidikan



Beltim - Kabupaten Belitung Timur (Beltim) meraih keberhasilan luar biasa pada tahun 2023, menempati Peringkat 1 Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Kategori Badan Publik. Penghargaan ini diberikan oleh Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Babel, menunjukkan dedikasi Beltim dalam menjaga transparansi dan akses informasi bagi masyarakat. Minggu (28/1/2024).

Bupati Beltim, Drs Burhanudin, mengumumkan pencapaian luar biasa tersebut dalam Rapat Paripurna Istimewa I Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024 dengan agenda Peringatan Hari Jadi Kabupaten Belitung Timur Ke-21. 

Selain prestasi dalam keterbukaan informasi, Beltim juga berhasil mencapai realisasi anggaran sebesar Rp.75.535.293.426 pada tahun 2023.

Menurut Bupati Burhanudin, pencapaian ini adalah hasil dari upaya keras Pemerintah Kabupaten Beltim dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

Beltim tidak hanya meraih prestasi di bidang keterbukaan informasi, tetapi juga meraih Penghargaan dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kepulauan Bangka Belitung atas kepedulian dalam penyiaraan.

"Penghargaan Kategori Kepala Daerah Peduli Penyiaraan oleh KPID dan Peringkat 1 Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan bukti nyata bahwa Beltim berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat," ungkap Bupati Burhanudin, Sabtu (27/1/2024).

Lebih lanjut, Bupati Aan—sebagai panggilan akrabnya—menyampaikan bahwa Beltim sukses meningkatkan Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) dengan skor tertinggi se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencapai nilai 99,396 persen pada tahun 2023.

Salah satu program unggulan yang berhasil mencapai capaian signifikan adalah program 'Yuk Sekula'. Program ini bertujuan meningkatkan derajat pendidikan masyarakat. Bupati Burhanudin menyatakan bahwa program 'Yuk Sekula' berhasil mencapai realisasi anggaran sebesar Rp.75.535.293.426 atau 93,384 persen dari total anggaran Rp.86.943.652.266.

"Dalam satu tahun, Beltim berhasil mengalami peningkatan signifikan dalam sektor informatika dan pendidikan. Ini tidak hanya mencerminkan dedikasi pemerintah daerah, tetapi juga partisipasi aktif masyarakat dalam mendukung program-program ini," tambah Bupati Burhanudin.

Prestasi ini memberikan dampak positif tidak hanya bagi Beltim tetapi juga bagi Kepulauan Bangka Belitung secara keseluruhan. 

Beltim dapat menjadi inspirasi bagi kabupaten-kabupaten lainnya dalam meningkatkan keterbukaan informasi, pelayanan masyarakat, dan pencapaian program-program unggulan.

Seiring dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Beltim, pencapaian ini menandakan bahwa Beltim bergerak maju dalam menciptakan pemerintahan yang transparan, efisien, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. 

Prestasi ini juga memperkuat citra Beltim sebagai salah satu kabupaten yang berfokus pada pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. (Penulis : Okta, Editor : Dwi Frasetio)

Posting Komentar

0 Komentar