Basit Cinda: Jejak Perjuangan Menuju Pemimpin Masa Depan Pangkalpinang

Basit Cinda: Jejak Perjuangan Menuju Pemimpin Masa Depan Pangkalpinang




PANGKALPINANG-Pengusaha asal kota Pangkalpinang, Basit Cinda Sucipto mulai menjadi topik pembicaraan berbagai kalangan elemen masyarakat Pangkalpinang. Doa restu dan dukungan para tokoh pejuang dan aktivis Provinsi kepulauan Bangka Belitung bermunculan. Sabtu (27/4/2024).


Pergerakan Basit Cinda usai mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Pangkalpinang semakin menguatkan bahwa dirinya serius ingin mengikuti kontes pemilihaan kepala daerah di Kota Pangkalpinang mendatang.

Masyarakat dan kelompok-kelompok pergerakan dari berbagai organisasi hingga tokoh pejuang Babel pun mulai melirik sosok mantan ketua KNPI kota Pangkalpinang dan Ketua Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Babel tersebut.

Ditengah para politisi dan pengusaha serta masyarakat sedang sibuk mencalonkan dan mendaftar ke partai politik, Basit Cinda sudah mulai bersilaturahmi dan bertemu tatap muka dengan masyarakat kota Pangkalpinang.

Dibeberapa kesempatan, terlihat Basit Cinda difasilitasi dan diterima oleh sesepuh dan pemuda yang mendukung dan ingin mengetahui siapa dan seperti apa sosok seseorang Basit Cinda yang saat ini wajahnya bertebaran di baleho dan spaduk dijalanan kota Pangkalpinag tersebut

Usai bertemu dengan tokoh, aktivis dan organisasi masyarakat di Pondok Aspirasi Babel, kini Basit Cinda di undang dan hadir dalam acara halal bi halal Forum Pejuang Babel dikediaman tokoh senior Babel, Agus Adaw di Pondok Perjuangan Babel. Sabtu,(27/4)

Acara Halal Bi Halal yang dihadir berbagai elemen masyarakat baik dari Pangkalpinang, Sungailiat, Toboali, Muntok dan Belitung ini memberikan kesempatan kepada Basit Cinda untuk memperkenalkan diri dan sekaligus mengungkapkan niat dan rencananya yang akan berkontestasi dalam pesta demokrasi sebentar lagi.

Dalam kesempatan ini Basit Cinda menjelaskan awal mulai dirinya aktif diberbagai organisasi yang ada di pulau Bangka Belitung, mulai dari HIPMI Babel, Bendahara Pemuda Muhammadiyah Babel dan Ketua KNPI Pangkalpinang.

"Alhamdulillah, sejak saat itu saya mulai berinteraksi  dengan para tokoh dan aktivis di Bangka Belitung. Dari para tokoh dan senior inilah saya belajar, dipicu dan dipacu hingga hingga di tempa batin dan mental saya," ungkapnya

Tidak hanya organisasi kepemudaan tapi juga melebarkan kiprah dan kontribusi nya pada organisasi profesi seperti ketua KADIN Kota Pangkalpinang, Ketua JAPNAS Babel, dan Sekretaris APINDO Babel.

Tak ketinggalan, Basit juga menjadi Ketua KAHMI Bangka Belitung, sebuah organisasi pergerakan yg memiliki basis kader sangat kuat. Hal itu terus dilakukan sebagai jalan pengabdian sambil terus mengembangkan usahanya yang kini telah berskala nasional, dimana telah miliki cabang di Sumatera dan Jawa.

"Saat ini ratusan karyawan yang berkerja dibawah naungan perusahaan saya sebagian besar adalah Putra Putri  Bangka Belitung yang hebat-hebat. Bila diberi kesempatan dan pembekalan yang memadai, mereka juga juga mampu menjadi profesional.  Terbukti saat ini yang mengurus semua bisnis saya hingga ke Palembang, Lampung dan Jawa kebanyakan adalah putra-putri dari Bangka Belitung yang saya didik selama bertahun-tahun. Kini mereka telah mampu menjadi profesional dan mengendalikan bisnis kami sampai keluar Babel. Tentu tidak mudah mengembangkan mereka, perlu keuletan dan kesabaran yang panjang. Saya sangat bangga, kini  mereka telah mandiri, bermanfaat untuk diri dan keluarganya. Bahkan sebagian dari mereka sdh bisa beli rumah, beli mobil, bahkan umroh. Saya sangat bahagia bisa mengembangkan mereka " jelasnya.

Basit Cinda juga mengungkapkan bahwa kehadiran dirinya pada Pilkada kali ini adalah bentuk terimakasih kepada Pangkalpinang karena di kota ini telah ia mendapatkan ruang hidup dan ruang karya. Karenanya, ia pun  ingin terus  memberikan kontribusi positif untuk memajukan kota Pangkalpinang.  

Semoga dengan niat dan ketulusan hati untuk membangun kota Pangkalpinang lebih baik dan berkembang seperti kota-kota terbaik di Indonesia.

"Saya berterima kasih kepada Pangkalpinang.  Dengan niat baik, tulus dan keikhlasan yang dalam, saya ingin memberikan kontribusi pada arena yang lebih luas untuk membangun kota Pangkalpinang yang telah membesarkan saya," tuturnya

Hal ini mendapatkan tanggapan serius dari tokoh senior Babel, Agus Adaw yang menyebutkan kalau dari pengalaman Basit Cinda sudah cukup mumpuni. 

Hal ini terekam dalam berbagai bidang yang telah dia lakukan di Babel sejak lama. Dan niat baiknya untuk terus membangun kota Pangkalpinang harus kita apresiasi dan kita dukung. 

"Dinda ku Basit Cinda, secara pengalaman dan modal sudah cukup mumpuni untuk maju dalam Pilwako Pangkalpinang nanti. Kita semua sudah tahu rekam jejak Basit Cinda, anak muda energik dan santun ini harus kita kawal karena ini calon pemimpin masa depan kita. Basit Cinda itu artinya Basit Cinta Daerah," kelakar Agus Adaw didepan tamu dan kolega tokoh-tokoh Babel. (Redaksi)

Posting Komentar

0 Komentar