PT Timah Tbk Lakukan Langkah Konkret dalam Pelestarian Lingkungan dengan Pemasangan Penahan Abrasi di Pantai Sawang

PT Timah Tbk Lakukan Langkah Konkret dalam Pelestarian Lingkungan dengan Pemasangan Penahan Abrasi di Pantai Sawang


SAWANG - PT Timah Tbk, perusahaan tambang yang terkenal dengan komitmennya terhadap lingkungan, telah melakukan langkah konkret untuk membantu mengatasi masalah abrasi di sekitar Pantai Sawang. Dalam upaya mencegah kerusakan lebih lanjut, perusahaan ini berencana memasang penahan abrasi sepanjang 150 meter di pantai tersebut. Sebelum pelaksanaan proyek, PT Timah Tbk secara aktif terlibat dalam proses sosialisasi dengan masyarakat setempat untuk memastikan pemahaman dan dukungan dari mereka.

Sosialisasi ini diadakan di Gedung Tok Judah, Kelurahan Sawang, pada Jumat, 6 Oktober 2023. Dalam acara tersebut, PT Timah Tbk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan masukan dan pertanyaan terkait rencana pemasangan penahan abrasi. Langkah ini menunjukkan komitmen perusahaan untuk bersinergi dengan masyarakat dalam pelestarian lingkungan.

PT Timah Tbk Unit Produksi Kundur telah berkomitmen terhadap upaya pelestarian lingkungan sejak tahun 2017 dengan memasang penahan abrasi. Keberhasilan proyek-proyek ini telah terbukti dalam mengurangi dampak abrasi di wilayah yang telah mendapatkan perlindungan. Selain manfaat lingkungan, proyek ini juga telah menciptakan objek wisata baru di sekitar penahan abrasi yang berkontribusi pada ekonomi lokal.

Ketua RW. 01 Kelurahan Sawang, Rafani, mengapresiasi langkah PT Timah Tbk dalam mengatasi masalah abrasi di Pantai Sawang. Ia menyatakan bahwa tindakan ini sangat membantu masyarakat di sekitar pantai tersebut, terutama dalam mengurangi kerusakan akibat abrasi yang semakin parah setiap tahunnya. Di wilayah tersebut, selain pemukiman warga, juga terdapat pemakaman para tetua masyarakat terdahulu yang rentan terkena dampak abrasi.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Sawang, Mardani, juga mendukung penuh upaya pemasangan penahan abrasi ini. Ia menekankan bahwa kegiatan ini sangat penting dan harus didukung bersama untuk mengurangi dampak abrasi yang merugikan lingkungan.

Sama halnya dengan Lurah Sawang, Azman, yang menyebutkan bahwa dampak abrasi di Pantai Sawang sangat nyata. Dengan adanya program pemasangan penahan abrasi dari PT Timah Tbk, diharapkan dapat mengurangi kerusakan lebih lanjut. Dia juga menunjukkan bahwa setelah pemasangan penahan abrasi sepanjang 400 meter pada tahun 2020 di Pantai Asmara Dewi Kelurahan Sawang, dampak abrasi telah berkurang signifikan.

Pada kesempatan yang sama, Saiful yang mewakili Camat Kundur Barat memberikan apresiasi luar biasa terhadap komitmen PT Timah Tbk terhadap lingkungan. Dia menjelaskan bahwa jika tidak ada perhatian terhadap abrasi, masyarakat akan menjadi korban. Hingga saat ini, PT Timah adalah satu-satunya yang terus melakukan upaya pelestarian lingkungan seperti penanaman mangrove dan pemasangan penahan abrasi. Saiful mengajak masyarakat untuk mendukung program ini dan mendoakan kesuksesan PT Timah Tbk dalam usahanya untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Langkah PT Timah Tbk dalam memasang penahan abrasi di Pantai Sawang adalah contoh nyata perusahaan yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan berusaha untuk melibatkan masyarakat dalam upaya pelestarian alam. Semoga upaya ini dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian bumi kita. (Sumber : Humas PT Timah, Editor : KBO Babel)

Posting Komentar

0 Komentar